Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran

 Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran


A. Aplikasi Perkantoran

   Aplikasi Perkantoran (Office Suite) adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Seperti pencatatan, perhitungan, presentasi, membuat laporan, dan lain sebagainya. Dengan adanya perangkat lunak tersebut, berbagai pekerjaan kantor dapat terselesaikan dengan baik dan mudah.

    Ada beberapa contoh dari aplikasi perkantoran, seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point, Microsoft Office Outlook, Microsoft Office OneNote, dan Microsoft Office Access.


1. Microsoft Office Word


     Microsoft Office Word digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan pengetikan kata, dokumen, penulisan konten, surat resmi, dan lain sebagainya. File yang telah dituliskan pada aplikasi ini, nantinya akan tersimpan dalam file dengan format .docx. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna menempelkan gambar, grafik, hingga video yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.



2. Microsoft Office Excel



    Microsoft Office Excel merupakan aplikasi berbasis spreadsheet yang bisa menampung data angka dalam jumlah yang besar. Aplikasi ini berfungsi untuk menyimpan data dan membantu pengguna dalam menyiapkan saldo buku besar serta memelihara akun.



3. Microsoft Office Power Point




     Dalam Microsoft Office Power Point, pengguna dapat mendesain slide yang kreatif dan menarik dengan menambahkan teks serta menambahkan grafik. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan elemen lainnya seperti gambar, grafik, hingga video. Melalui fitur-fitur yang ada dalam Microsoft Office Power Point seperti efek, transisi, penghitung waktu, dan integrasi perangkat lunak, setiap slide dalam Power Point, dapat Anda buat dan desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.



4. Microsoft Office Outlook



    Microsoft Office Outlook ini layaknya buku catatan digital, berisi sejumlah fitur penting seperti pengelola informasi pribadi, kalender klien, buku alamat, email, kontak, catatan, jurnal, dan pengelola tugas. Aplikasi ini tidak hanya bisa berdiri sendiri, tapi juga bisa dihubungkan ke email serta kalender dan dibagikan ke banyak pengguna.



5. Microsoft Office OneNote




    Dalam Microsoft Office OneNote, pengguna dapat mengumpulkan sejumlah informasi pribadi klien seperti detail rekening bank dan transaksi keuangan. Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam administrasi rumah sakit untuk menyimpan catatan informasi medis pasien. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakannya untuk merencanakan sebuah acara. Beberapa di antaranya adalah mencatat detail acara, informasi kecil mengenai acara, dan pertemuan-pertemuan yang akan dilakukan. Pengguna juga dapat berbagi catatan, gambar, dan tangkapan layar.



6. Microsoft Office Access



    Microsoft Office Access merupakan aplikasi yang menyediakan sistem manajemen database yang bertindak sebagai penggabungan Microsoft Jet Database Engine dan Graphical user Interface (GUI) dan aplikasi pengembangan perangkat lunak. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan data atau file dari aplikasi lain. Fungsi dari aplikasi Microsoft Office Access adalah untuk membuat formulir, tabel, kueri, hingga laporan.



B. Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran

   Integrasi konten aplikasi perkantoran merupakan penggabungan beberapa aplikasi perkantoran menjadi satu sistem yang terintegrasi. Dengan mengintegrasikan konten aplikasi perkantoran, maka proses kerja yang tadinya terpisah menjadi lebih terintegrasi dan terotomatisasi.

1. Teknik Cut

      Secara harfiah, Cut adalah perintah untuk memotong suatu file, tulisan atau format lainnya. Sederhananya, perintah ini digunakan untuk memindahkan file ke tempat yang baru. Itu artinya, file yang dipotong akan hilang dari tempat yang sebelumnya.

2. Teknik Copy

   Copy adalah perintah untuk menyalin. Hampir sama dengan perintah Cut, Copy tak akan menghilangkan file asli yang disalin sebelumnya. Itu artinya, file asli masih berada di tempat aslinya dan hanya diduplikasi ke tempat yang baru.

3. Teknik Paste

     Paste adalah perintah untuk menempelkan sesuatu file yang telah dipotong atau disalin sebelumnya. Sederhananya, perintah ini adalah lanjutan dari dua perintah Cut dan Copy.

4. Transfer Objek secara Embedding

   Ketika melakukan transfer objek, maka objek yang ditransfer ke program aplikasi tidak mempunyai hubungan (link) dengan program aplikasi sumber.

5. Transfer Objek secara Linking

   Ketika melakukan transfer objek, maka objek yang ditransfer ke program aplikasi masih mempunyai hubungan (link) dengan program aplikasi sumber.


Komentar